DESKRIPSI KEMBANG MERAK


Kembang Merak adalah semak cemara atau pohon kecil. Di daerah tropis mencapai 15x20 cm, cabang-cabang menyebar luas. Batang, cabang dan petioles dipersenjatai dengan duri tajam dan daun majemuk oval. Merak bunga memiliki bunga sangat menyolok oranye dan merah. Bunga-bunga berbentuk mangkuk, kelopak merah dan oranye yang tidak merata, dan sepuluh benang sari merah terang yang memperpanjang jalan di luar mahkota. Ada juga yang warna kuning dengan bunga-bunga merah gelap.
Merak bunga diyakini asli ke Hindia Barat dan Amerika tropis. Hal ini banyak dibudidayakan dan telah lolos budidaya dan menjadi mapan di daerah tropis di seluruh dunia, termasuk Florida Selatan dan Indonesia.
Merak bunga sangat mudah untuk tumbuh dalam alkali asam, baik dikeringkan tanah.  Ini adalah tanaman yang cepat tumbuh, tapi pendek. Hal ini cukup toleran terhadap kondisi asin. Merak bunga mekar terbaik di sinar matahari penuh.
            Merak bunga memulai dari biji. Perkecambahan akan dipercepat jika biji sobek sebelum tanam. Dalam kondisi pertumbuhan yang baik, bunga merak akan menabur dan bahkan dapat menjadi kurus.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa lebih jelasnya daerah mna di indonesia yg ada bunga merak beserta alamat jelasnya

LUQMAN mengatakan...

di masjid muhtadin universitas tanjungpura pontianak^^