DESKRIPSI KENIKIR (Tagetes erecta)

Bottom of FormHabitus : Herba, semusim, tinggi 0,5 - 1,5m. Batang : Bulat, tegak, beralur, bercabang, putih kehijauan. Daun : Majemuk, bentuk lanset, ujung runcing, tepi bergerigi, panjang 3-15cm , hijau.      Bunga : Majemuk, berbentuk cawan, tangkai panjang, daun pembalut berbentuk lonceng, kepala putik bercabang 2, benang sari kuning, ungu. Buah : Bentuk lonceng, panjang 1-1,5cm. Biji : Bentuk jarum, hitam. Akar : Tunggang, putih kekuningan
Daun Tagetes erecta berkhasiat sebagai penangkal serangga. Untuk penangkal serangga dipakai +/- 100 gram daun segar Tagetes erecta, dijemur sampai kering kemudian dibakar. Daun Tagetes erecta mengandung saponin dan flavonoida
Pohon kenikir merupakan tumbuhan tropika yang berasal dari Amerika Latin, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya. Kenikir adalah sejenis spesis bunga intan berayun yang berwarna unggu atau kuning dan berbunga kecil. Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunakannya sebagai sayuran, yang berbunga unggu merupakan sayuran yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau di sayur dengan santan, ditemani sambal terasi atau tempoyak serta cincalok. Berdasarkan kajian tempatan, kenikir mengandungi 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.
Kenikir secara tradisi telah digunakan untuk memperbaiki peredaran darah dan mencuci darah, serta untuk menguatkan tulang. Kenikir juga memiliki antioksida (AEAC) yang amat tinggi, yaitu setiap 100 gram kenikir segar mempunyai antioksida yang dama dengan 2,400 miligram L-asid askorbik. Bahan-bahan antioksida yang utama disebabkan oleh kehadiran proantosianidin yang berwujud sebagai dimer, melalui heksamer, kuersetin glikosida, asid klorogenik, asid neoklorogenik, asid kripto-klorogenik, serta penangkap (+)-. Kemampuan kenikir untuk mengurangi tekanan oksidatif mungkin dikarenakan kenikir mengandung antioksida yang tinggi.
Kenikir tumbuh baik di dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur, liat, dan berdrainase baik, sampai pegunungan ± 700 m dpl., terutama ditempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari penuh.Sudah lama dibudidayakan sebagai tanaman hias di halaman rumah atau kantor bagian depan dengan menggunakan biji. Bunganya dapat diekstrak menjadi zat pewarna serta memberikan warna kuning agak kecoklatan. Jenis tanaman ini dapat digunakan untuk mengusir serangga. Kenikir kuning umumnya digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

0 komentar: