ASAS-ASAS
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
(ASAS
PSIKOLOGIS, ASAS KEBAHASAAN DAN PENDIDIKAN)
A. Pendahuluan
Bahasa
Arab yang kita kenal merupakan bahasa budaya, hal ini tidaklah menjadi masalah
besar karena pada umumnya bahasa Arab hanya digunakan oleh mereka yang
berkultur komunikasi Timur Tengah pada umumnya. Hanya saja ketika bahasa Arab
difahami sebagai bahasa agama sering kali menimbulkan permasalahan yang
kursial. Masalah, tetapi juga bagaimana mengajarkan kemampuan berbahasa Arab
kepada pemeluk agama Islam terutama di sekolah yaitu para siswa.
Oleh
sebab itu pengembangan bahan ajar termasuk salah satunya yaitu pembuatan buku ajar harus memperhatikan landasan atau
asas-asas penyusunannya, hal ini penting dilakukan agar buku ajar yang
dihasilkan dapat menjadi bahan rujukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi
siswa yang menggunakannya. Untuk lebih memahami isi makalah ini maka akan
dijelaskan pengertian dari asas-asas pengembangan bahan ajar dan pembagian
asas-asasnya pada bagian selanjutnya.
B. Pengertian
Di
sini yang akan dijelaskan hanya pengertian dari pengembangan, yaitu berasal dari kata dasar kembang
yang berarti menjadi bertambah sempurna. Kemudian mendapat imbuan pe- dan
–an sehingga menjadi pengembangan yang artinya proses, cara atau
perbuatan mengembangkan. Jadi pengembangan di sini adalah usaha
sadar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan agar lebih sempurna
dari pada sebelumnya.
Sedangkan menurut Prof. Dr. H. M. Arifin, M. Ed
berpendapat bahwa pengembangan bila dikaitkan dengan pendidikan berarti suatu
proses perubahan secara bertahap kearah tingkat yang berkecenderungan lebih
tinggi, meluas, danmendalam yang secara menyeluruh dapat tercipta suatu
kesempurnaan ataukematangan.
Jadi
menurut hemat saya asas-asas pengembangan bahan ajar adalah dasar-dasar yang
diadakan secara bertahap, meluas dan mendalam dalam menciptakan alat-alat/perangkat
belajar agar terciptanya suatu kesempurnaan pada perangkat tersebut.
C. Asas-asas
Pengembangan Bahan Ajar
1. Asas Psikologis
Siswa
merupakan bagian yang penting dalam proses belajar mengajar. Hal itu
dikarenakan siswa adalah sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping
merupakan subyek dan obyek belajar. Hampir semua para ahli pendidikan sepakat
bahwa motivasi siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar
mengajar, semakin tinggi motivasi mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya,
sebaliknya semakin rendah motivasi siswa, maka semakin rendah pula tingkat
keberhasilannya.
Oleh
karena itu, maka pengembangan buku ajar Bahasa Arab harus memperhatikan
aspek-aspek psikologis siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Hal-hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku ajar bahasa
arab adalah sebagai berikut:
·
Buku ajar
hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa.
·
Memperhatikan
perbedaan individual antar siswa.
·
Mampu merangsang
daya pikir siswa sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan pemerolehan
bahasa Arab.
·
Materi buku ajar
disesuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa.
·
Memperhatikan
tingkat usia siswa, setiap buku ajar bahasa Arab diperuntukkan bagi usia
berapa, karena setiap usia tertentu memerlukan perlakuan yang berbeda.
·
Materi buku ajar
mampu memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Arab secara alami.
·
Adanya integrasi
(penyesuaian) antara buku siswa, buku pengangan guru dan lain-lain.
·
Buku ajar bahasa
Arab mampu menciptakan orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa
2. Asas
Kebahasaan dan Pendidikan
Yang
dimaksud dengan asas kebahasaan dalam pengembangan buku ajar bahasa Arab adalah
memperhatikan bahasa yang akan diajarkan kepada siswa meliputi unsur-unsur
bahasa (ashwat, mufrodat, tarakib) dan keterampilan bahasa (istima,
kalam, qiraah, kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan
tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan
asas pendidikan adalah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam
pengembangan buku ajar, seperti materi dimulai dari yang mudah kepada yang lebih komplek, dari yang
konkret ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang konsep, atau sebaliknya dari
suatu konsep keperincian, bergerak dari permulaan proses menuju kepada
kesimpulan, dimulai dari bahan yang sudah diketahui dan secara berangsur-angsur
bergerak kepada bahan yang baru dan seterusnya sesuai dengan prinsip-prinsip
pendidikan dalam pengembangan bahan ajar.
D. Kesimpulan
Asas-asas
tersebut di atas penting untuk diperhatikan agar buku ajar bahasa Arab yang
dikembangkan betul-betul talah memenuhi kriteria buku ajar yang baik yang
ditandai dengan kesesuaian antara materi yang dikembangkan dengan kondisi
keadaan siswa; sosial budayanya, psikologinya, kebahasaan dan pembelajarannya.
DAFTAR
PUSTAKA
H. M. Abdul Hamid, dkk, 2008, Pembelajaran
Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media), Sukses
Offset : Yogyakarta
0 komentar:
Posting Komentar