ASAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR


ASAS-ASAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
(ASAS PSIKOLOGIS, ASAS KEBAHASAAN DAN PENDIDIKAN)
A.    Pendahuluan
Bahasa Arab yang kita kenal merupakan bahasa budaya, hal ini tidaklah menjadi masalah besar karena pada umumnya bahasa Arab hanya digunakan oleh mereka yang berkultur komunikasi Timur Tengah pada umumnya. Hanya saja ketika bahasa Arab difahami sebagai bahasa agama sering kali menimbulkan permasalahan yang kursial. Masalah, tetapi juga bagaimana mengajarkan kemampuan berbahasa Arab kepada pemeluk agama Islam terutama di sekolah yaitu para siswa.
Oleh sebab itu pengembangan bahan ajar termasuk salah satunya yaitu pembuatan  buku ajar harus memperhatikan landasan atau asas-asas penyusunannya, hal ini penting dilakukan agar buku ajar yang dihasilkan dapat menjadi bahan rujukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang menggunakannya. Untuk lebih memahami isi makalah ini maka akan dijelaskan pengertian dari asas-asas pengembangan bahan ajar dan pembagian asas-asasnya pada bagian selanjutnya.
B.     Pengertian
Di sini yang akan dijelaskan hanya pengertian dari pengembangan, yaitu berasal dari kata dasar kembang yang berarti menjadi bertambah sempurna. Kemudian mendapat imbuan pe- dan –an sehingga menjadi pengembangan yang artinya proses, cara atau perbuatan  mengembangkan. Jadi pengembangan di sini adalah usaha sadar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan agar lebih sempurna dari pada sebelumnya.
Sedangkan  menurut Prof. Dr. H. M. Arifin, M. Ed berpendapat bahwa pengembangan bila dikaitkan dengan pendidikan berarti suatu proses perubahan secara bertahap kearah tingkat yang berkecenderungan lebih tinggi, meluas, danmendalam yang secara menyeluruh dapat tercipta suatu kesempurnaan ataukematangan.
Jadi menurut hemat saya asas-asas pengembangan bahan ajar adalah dasar-dasar yang diadakan secara bertahap, meluas dan mendalam dalam menciptakan alat-alat/perangkat belajar agar terciptanya suatu kesempurnaan pada perangkat tersebut.



C.    Asas-asas Pengembangan Bahan Ajar
1.      Asas Psikologis
Siswa merupakan bagian yang penting dalam proses belajar mengajar. Hal itu dikarenakan siswa adalah sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan obyek belajar. Hampir semua para ahli pendidikan sepakat bahwa motivasi siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar, semakin tinggi motivasi mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya, sebaliknya semakin rendah motivasi siswa, maka semakin rendah pula tingkat keberhasilannya.
Oleh karena itu, maka pengembangan buku ajar Bahasa Arab harus memperhatikan aspek-aspek psikologis siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal-hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku ajar bahasa arab adalah sebagai berikut:
·         Buku ajar hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa.
·         Memperhatikan perbedaan individual antar siswa.
·         Mampu merangsang daya pikir siswa sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab.
·         Materi buku ajar disesuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa.
·         Memperhatikan tingkat usia siswa, setiap buku ajar bahasa Arab diperuntukkan bagi usia berapa, karena setiap usia tertentu memerlukan perlakuan yang berbeda.
·         Materi buku ajar mampu memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Arab secara alami.
·         Adanya integrasi (penyesuaian) antara buku siswa, buku pengangan guru dan lain-lain.
·         Buku ajar bahasa Arab mampu menciptakan orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa
2.      Asas Kebahasaan dan Pendidikan
Yang dimaksud dengan asas kebahasaan dalam pengembangan buku ajar bahasa Arab adalah memperhatikan bahasa yang akan diajarkan kepada siswa meliputi unsur-unsur bahasa (ashwat, mufrodat, tarakib) dan keterampilan bahasa (istima, kalam, qiraah, kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan asas pendidikan adalah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam pengembangan buku ajar, seperti materi dimulai dari yang  mudah kepada yang lebih komplek, dari yang konkret ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang konsep, atau sebaliknya dari suatu konsep keperincian, bergerak dari permulaan proses menuju kepada kesimpulan, dimulai dari bahan yang sudah diketahui dan secara berangsur-angsur bergerak kepada bahan yang baru dan seterusnya sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam pengembangan bahan ajar.
D.    Kesimpulan
Asas-asas tersebut di atas penting untuk diperhatikan agar buku ajar bahasa Arab yang dikembangkan betul-betul talah memenuhi kriteria buku ajar yang baik yang ditandai dengan kesesuaian antara materi yang dikembangkan dengan kondisi keadaan siswa; sosial budayanya, psikologinya, kebahasaan dan pembelajarannya.













DAFTAR PUSTAKA
H. M. Abdul Hamid, dkk, 2008, Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media), Sukses Offset : Yogyakarta

0 komentar: